Penerimaan Postulan Ende oleh Sr. Regina Supraptiwi, Pimpinan Komunitas Santa Ursula Ende

Penerimaan Postulan 2020

DATANGLAH DAN LIHATLAH

“Datanglah Dan Lihatlah” merujuk pada Injil Yohanes 1:39 “Marilah dan kamu akan melihatnya”. Kata-kata di atas menjadi tema penerimaan Postulan Ursulin pada tanggal 25 Juli 2020 baik di Dili maupun di Ende. Setelah dibimbing dan didamping oleh para suster pembimbing di komunitas masing-masing selama masa Aspiran, akhirnya mereka memutuskan dan berani melangkah ke tahap Postulat.

Puji Tuhan, tahun ini ada 13 Postulan datang dari berbagai daerah di Indonesia dan Timor Leste. Di Dili ada 2 Postulan dan Ende 11 Postulan. Adapun ke 13 Postulan yakni:

  1. Ferdiana Soares (  Baucau-Timor Leste)
  2. Magdalena Manuel dos Santos (Baucau-Timor Leste)
  3. Gabriella Paola Dewiyanti (Bandung) 
  4. Maria Ronata Rua (Ende)
  5. Marselina Seran (Malaka-Atambua)
  6. Yustina Uweubun (Kei Besar)
  7. Lidia Tanisensia Mara (Manggarai)
  8. Sergiana Heatubun (Kei Besar)
  9. Kristina Balu (Mataloko)
  10. Maria Kristina Gego (Bajawa)
  11. Theresia Manisia Waruwu ( Nias barat)
  12. Iis Kristiyanti Ngeni (Nanga Pinoh)
  13. Maria Goretty Samasilai Gafia Fau (Nias Selatan).

Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan rahmatNya kepada mereka. Di tengah perkembangan dunia yang sangat pesat dengan berbagai tawaran yang menjanjikan kebahagiaan, serta hirup pikuknya dunia ini, mereka masih memilki keberanian untuk mengikuti Tuhan lewat semangat dan teladan Santa Angela Merici. Hal ini selaras dengan Prakata Regula Santa Angela Merici 4-5 “Puteri-puteri dan saudari-saudariku tercinta, Allah telah memberikan rahmat kepada anda untuk menarik diri dari kegelapan dunia yang menyedihkan ini dan telah mengumpulkan anda untuk pelayanan Tuhan Yang Maha Agung, selayaknyalah anda berterima kasih sedalam-dalamnya karena Ia telah memberkati anda masing-masing dengan rahmat yang begitu khusus”.

Dengan memasuki masa Postulat, mereka memiliki kesempatan untuk mengenal Ordo Santa Ursula; dan bertumbuh dalam kematangan pribadi dan iman akan Kristus serta Santa Angela Merici sebagai pendiri Ordo. Dengan perkembangan pribadi mereka terus menumbuh-kembangkan potensi dan kesempatan untuk  mengenal diri. Semoga para Postulan senantiasa bertekun dan maju sampai akhir dengan tetap mengandalkan Tuhan dalam seluruh proses hidup mereka. Seperti Prakata Regula Santa Angela Merici 9-10 “Anda harus berbuat apa saja dengan seluruh kekuatan Anda untuk tetap setia pada panggilan Tuhan, untuk mencari dan mendambakan semua cara dan jalan yang dibutuhkan untuk bertahan dan maju sampai akhir. Soli Deo Gloria.

Ende, 31 Juli 2020

Veronica Rina, OSU