Penerimaan Novis 2020

                                   


                                            Penerimaan Novis 2020

 

Upacara Kleding atau penerimaan Novis yang berlangsung pada tanggal 31 Juli tepat pukul 17.00 menjadi peristiwa sejarah dalam perjalanan panggilan kami ber-12 yaitu:

  1. Maria Rosary Radi (Sari)
  2. Wilhelmina Bebhe Gira (Helmi)
  3. Stefana Moi Wio (Feni)
  4. Lorensia Natabita (Loren)
  5. Adventa Aplonia Rewa (Nia)
  6. Kristatis Nehe (Krista)
  7. Metilda Hadiana (Diana)
  8. Meyntavia Aleksia Milo Longi (Meyn)
  9. Elisabeth Weli Beti)
  10. Epifania Sander Cami  (Epi)
  11. Matilda da Costa Okveira (Matilda)
  12. Erna Ervia da Costa (Erna)

Perayaan dilaksanakan di kapel Mater Boni Consilli dan dihadiri oleh  para suster dari  Komunitas Pusat dan Komunitas Merdeka serta disiarkan langsung melalui channel youtube Komsos Ursulin sehingga diikuti langsung oleh 3 teman kami yang melangsungkan penerimaan di Dili-Timor Leste. Perayaan berlangsung dengan khidmat.

Sebagai persiapan, kami mengadakan rekoleksi pada tanggal 26 Juli 2020 dengan tema “Tinggalah dalam Kasih-Ku”, dan bahan renungan dari Injil Yoh 15:9-16 dan  Regula Prakata Santa Angela ayat 7-13. Tema dan bacaan ini juga menjadi tema dan bacaan dalam Upacara Kleding/penerimaan Novis. Dalam rekolesi ini kami diajak untuk merenungkan dan merefleksikan kembali perjalanan panggilan kami selama di tahap postulat. Kata-kata Santa Angela dari Regula Prakata, 9,10 yang berbunyi “ anda harus berbuat apa saja dengan seluruh kekuatan anda untuk tetep setia pada panggilan tuhan, untuk mencari dan mendambakan semua cara dan jalan yang dibutuhkan untuk bertahan dan maju sampai akhir” meneguhkan dan menguatkan serta memantapkan hati kami untuk tetap setia pada panggilan Tuhan dan berusaha untuk tetap berjuang agar dapat bertahan sampai akhir. Dalam perayaan ini, kami juga mensharingkan sejarah singkat dari perjalanan panggilan kami masing-masing.

Sebelum diterima secara resmi, dalam wejangannya, Sr. Monika Lita, sebagai Provinsial Ursulin Indonesia, meminta kami untuk menghidupi  nilai- nilai kehidupan, diantaranya: berdoa sungguh-sungguh, jangan iri hati, bekerja sungguh-sungguh, mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki sebagai persembahan diri untuk Tuhan, harus tetap gembira dan sukacita, saling mendukung, menghargai perbedaan, bekerja sama, bertanggung jawab, proaktif dan inisiatif, dan komunikasi.  

Acara Penerimaan diawali dengan upacara penyerahan 12 orang Postulan oleh  Sr. Irma Titi Pawarto, sebagai Pemimpin Postulan kepada Sr. Lita sebagai Provinsial. Sr. Lita menerima kami secara resmi dan menyerahkan kepada Sr. Ann Hadjon, sebagai Pemimpin Novis untuk dibina dalam proses pembentukan di Novisiat. Penerimaan masuk Novisiat ditandai dengan penerimaan Konstitusi Uni Roma Ordo Santa Ursula, sebagai tanda masuk dalam hidup tarekat.

Melalui perayaan penerimaan ini, kami diminta untuk sungguh–sungguh bertekun dalam menjalani tahap awal menjadi seorang religius. Perayaan penerimaan novis dalam situasi pandemi ini memberikan warna dan  sejarah baru dalam hidup panggilan kami. Dan  pada masa pandemi covid-19 ini kami ditantang untuk senantiasa  membuka diri, tekun  berdoa, bertanggungjawab dalam segala hal dan mau belajar apa saja demi pertumbuhan dan perkembangan rohani dan kepribadian kami masing-masing.

Terima kasih kepada Sr. Lita dan para suster DPP  yang telah menerima kami untuk melanjutkan perjalanan  panggilan kami ke tahap pembentukan di Novisiat serta para suster seprovinsi untuk untuk doa-doa dan dukungannya kepada kami semua.

Wilhelmina Bebhe Gira (Helmi)
Novis Tahun I