Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Biara Ursulin di Nias Barat

Suster Ursulin secara resmi memulai misi baru di Nias Barat pada tanggal 15 Agustus 2019 dengan mengutus tiga orang suster yaitu Sr. Redempta Vedo, Sr. Maria Veronica Soedarmo dan Sr. Elisabeth Janul.  Misi yang yang diemban adalah pelayanan pastoral sambil menyiapkan sarana-prasarana untuk membuka Sekolah Dasar (SD) di tahun pelajaran  yang akan datang. Kehadiran Ursulin di Nias Barat merupakan jawaban atas kebutuhan Gereja Lokal Keuskupan Sibolga melalui undangan Alm. Mgr. Ludovicus Simanullang, yang dilanjutkan oleh Alm. Mgr. Anicetus B. Sinaga; sekaligus menjawab seruan Bapa Paus Franciscus dalam Evangelli Gaudium yang memanggil setiap orang yang telah dibaptis untuk keluar dari zona nyaman dan bergerak keluar untuk menjumpai mereka yang membutuhkan.

Kehadiran Ursulin secara khusus  ketiga suster ini mendapat dukungan dari Gereja, Pemerintah dan masyarakat setempat, yang ditunjukkan melalui berbagai cara seperti pencarian lahan untuk biara dan sekolah serta menyediakan rumah tinggal sementara bagi para suster.

Bertepatan  pesta Santa Ursula, 21 Oktober 2020, diadakan Perayaan Ekaristi dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Biara Ursulin  di Kabupaten Nias Barat, Propinsi Sumatra Utara. 

Upacara peletakan batu pertama pertama diawali dengan perayaan syukur yang dipersembahkan oleh Pastor paroki Salib Suci Mandrehe: Pastor  Ignatius  Purwo, OSC, Pst. Mathias Kuppen, OSC dan pst. Bonifasius Haryo Wicaksono, OSC dan diiringi oleh koor  OMK Rayon 1 Paroki Salib Suci Mandrehe.  Dalam homilinya, Pst. Purwo menyampaikan bahwa pembangunan biara ini membutuhkan persiapan yang panjang. Kita percaya bahwa kasih Allah akan selalu menyertai proses pembangunan biara ini sampai selesai.

Sebelum berkat penutup diadakan upacara peletakkan batu pertama oleh Pastor Paroki, Suster Ursulin, Wakil dari Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Tokoh Umat, Bpk Jeremias, arsitek pembangunan biara, Ketua Stasi Lolomoyo, tempat lokasi biara berada serta pemilik lahan sebelumnya.

Untuk semua proses yang telah terjadi sampai saat ini,  dengan rendah hati kami mengucapkan berlimpah terima kasih kepada dua Gembala Umat Keuskupan Sibolga Alm. Mgr. Ludovicus Simanullang dan  Alm. Mgr. Anicetus B. Sinaga, karena atas undangan dan dukungan mereka berdualah Ursulin bisa hadir dan mendukung Misi Gereja di Keuskupan Sibolga. Kami yakin doa  kedua Gembala ini akan menyertai karya misi Ursulin di Pulau Nias ini. Terima kasih tak terhingga juga kepada Pastor Ig. Purwo, Pastor Mathias Kuppen dan Para Pastor OSC di Paroki Mandrehe, Nias Barat atas bantuan dan dukungan dari proses awal sampai saat ini dan untuk selanjutnya. Terima kasih kepada Aparat Pemerintah dan Tokoh masyarakat setempat yang terlibat langsung dalam persiapan awal Misi Ursulin di Nias Barat.

Rangkaian upacara peletakan batu pertama ditutup dengan santap siang bersama. Terimakasih untuk semua pihak yang ikut terlibat dalam seluruh acara Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Biara Ursulin Nias Barat. SOLI DEO GLORIA