Panggilan Selalu Datang dari Keluarga

“Kerjasama antara Allah dan keluarga sangat penting untuk menghasilkan panggilan yang bermutu dan membawa berkat bagi banyak orang,” jelas Rm Alexander Erwin Santoso, MSF selaku ketua Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Agung Jakarta.

Pada acara Café Virtual Ursulin edisi bulan Desember 2020, Rm Erwin memaparkan beberapa hal mengenai peran keluarga. Utamanya keluarga menjadi tempat meletakkan dasar-dasar pendidikan bagi anak-anak sehingga jelas sekali bahwa panggilan selalu datang dari keluarga.

Café Virtual Ursulin kian menarik dengan adanya pengalaman sharing panggilan dari Rm Erwin dan suster-suster Ursulin. Ada macam-macam karakter atau sifat dari calon terpanggil atau yang sudah menjadi biarawan/ti. Itu pun semuanya terbentuk sejak ia dibesarkan di tengah keluarga. Rm Erwin pun memberi pengertian bagi calon terpanggil yang belum memperoleh restu dari kedua orangtua. “Karena orang tua kita tidak mempunyai panggilan hidup membiara sehingga terjadi penolakan bila anaknya ingin masuk biara.”

Salah satu cara yang paling baik untuk menyadarkan kedua orang tua adalah calon terpanggil menunjukkan bahwa jalan hidup yang dipilih memang membahagiakan. Jika anak berbahagia maka orang tua menyakini dan akan merestui pilihan hidupnya.