ON GOING FORMATION SUSTER-SUSTER SENIOR URSULIN

Komisi Pengembangan Spiritualitas Hidup Ursulin (KPSHU) menyelenggarakan On Going Formation bagi para suster Ursulin yang berumur antara 65 tahun sampai 80 tahun mulai tanggal 14-16 Januari 202. Acara ini diikuti oleh 53 suster. Karena Pandemi Covid-19, maka kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui Aplikasi Zoom. Untuk mempersiapkan kegiatan ini, sekitar pertengahan Bulan Desember 2020 ke-53 suster tersebut dibagi dalam kelompok-kelompok kecil melalui Grop WhatsApp (WA). Di dalam kelompok-kelompok WhatsApp tersebut Para Suster Senior Ursulin mendalami semangat Santa Bunda Angela melalui buku Againts The Tide, Kata-Kata Santa Angela, dan Konstitusi Uni Roma Ordo Santa Ursula. Mereka membaca, merenungkan, dan merefleksikan semangat Santa Bunda Angela serta menemukan nilai-nilai hidup Bunda Angela kemudian membagikan kekayaan spiritual masing-masing kepada anggota kelompok. Sharing ini dilakukan sampai menjelang pertemuan di tanggal 14 Januari 2021. Sharing Para Suster Senior tersebut dikumpulkan menjadi satu dan dibagikan kepada semua peserta. Sharing tersebut menjadi sebuah kekayaan dari masing-masing Para Suster Senior dan kemudian dibagikan kepada Para Suster Senior kembali.

Persiapan berikutnya, yang tidak kalah penting adalah latihan/bimbingan teknis menggunakan Aplikasi Zoom selama 2 hari. Awalnya bimbingan teknis direncanakan selama 3 hari yaitu tanggal 11-13 Januari 2021, namun setelah berlatih selama 2 hari ternyata Para Suster Senior sudah mahir dalam mengoperasikan Aplikasi Zoom. Dalam berlatih ini, Para Suster Senior tidak sendirian, mereka tetap ditemani oleh para malaikat yang tak bersayap yaitu suster-suster muda yang dengan rela hati menemani mereka di komunitas masing-masing.

Tema On Going Formation bagi Para Suster Senior ini adalah “ Hidup Berbahagia Bersama Bunda Angela.” Pertemuan ini didampingi oleh Rm. Priyono Marwan, SJ dan Sr. Madeleine Mail, OSU dan dikemas dalam bentuk  Triduum. Proses triduum  berjalan dengan baik dan lancar.  Materi permenungan adalah mengenai kehidupan Santa Angela dari kecil sampai wafatnya. Pertemuan ini terasa sangat menarik dan menggembirakan karena dikemas melalui dinamika hidup yang sesuai dengan para lansia; Tidak “ngoyo,” mengalir, santai tetapi mendalam dan Para Suster Senior ini sangat menikmati dinamika dan proses yang terjadi. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB- 12.30 WIB. Dinamika setiap harinya adalah sebagai berikut: pembuka, kemudian pengantar dari Rm. Priyono Marwan,SJ, kemudian masuk dalam kelompok-kelompok kecil untuk sharing (breakout room), dilanjutkan dengan pendalaman secara pribadi, kemudian kembali bergabung dalam kelompok besar. Beberapa Suster dipersilakan untuk sharing dalam kelompok besar kemudian acara ditutup dengan doa dan berkat penutup. 

Dalam pertemuan 3 hari ini, Para Suster Senior saling berbagi kekayaan hidup Santa Bunda Angela yang sudah dihayatinya. Dalam pengantar hari pertama, Rm. Priyono Marwan, SJ mengatakan “Galilah kekayaan dalam diri para suster sendiri karena kekayaan ini ada di dalam diri suster masing-masing, seperti ayam yang sedang berada di lumbung padi. Nikmatilah proses ini secara pelan-pelan  seperti halnya ketika kita diajak ke rumah makan dengan menu makanan yang enak-enak, nikmatilah makanan itu secara pelan-pelan, jangan terburu-buru supaya bisa merasakan kenikmatannya.” 

Sungguh menakjubkan melihat para suster senior dengan semangat penuh dan antusias mencoba mengoperasikan alat yang digunakan dalam pertemuan ini. Dalam evaluasinya, mereka berharap pertemuan ini dapat dilanjutkan di lain kesempatan.
Pandemi Covid-19 tidak menghalangi para suster Ursulin untuk terus memperkokoh bangunan rohani. Para Suster Senior yang mengikuti pertemuan ini merasa senang dan bahagia. Mereka saling memperkaya kehidupan rohani satu sama lain melalui semangat Santa Bunda Angela. Mereka juga senang karena dipertemukan dengan teman-teman seangkatan (reuni online). Selain itu mereka juga belajar  mengenal dan menggunakan  alat-alat komunikasi yang dipakai saat ini secara khusus dalam aplikasi Zoom meeting . Selamat melanjutkan permenungan bersama Santa Bunda Angela. Tuhan memberkati.


Penulis: Sr. Theresia Martini, OSU

Komisi Pengembangan Spiritualitas Hidup Ursulin