Inspirasi - Renungan

SANTA URSULA IDOLA BUNDA ANGELA

Oleh Sr. Jeannette Krista, OSU


Pengantar 

Sudah 485 tahun kita merayakan Pesta St Ursula walaupun kita tidak tahu banyak tentang santa ini. Pertanyaan yang belum terjawab adalah apakah St Ursula itu sungguh-sungguh tokoh yang pernah hidup atau semata-mata suatu dongeng dari jaman dulu?

Beberapa suster sudah pernah melihat gereja St Ursula di Koln, Jerman dan melihat tengkorak-tengkorak para perawan dan martir yang ada di gereja itu. Menurut ilmu Arkeologi, tengkorak tersebut berasal dari sekitar akhir abad 4.

Gereja St Ursula itu sudah berdiri ratusan tahun dan sudah rusak sehingga tidak dipakai lagi sebagai tempat ibadah. Seorang bapak yang kaya dari Kerajaan Roma bernama Clematius mendapat ilham beberapa kali melalui mimpi, untuk mengunjungi gereja di Koln itu. Ia merasa terdorong untuk pergi ke Koln dan merenovasi gedung gereja yang rusak itu untuk menghormati para martir perawan. Ia membiayai dari uangnya sendiri. Ia yakin ilham itu diperoleh dari Roh Kudus. Di gedung gereja ini ada sebuah batu dimana tertulis secara singkat riwayat St Ursula.

Orang yang membaca riwayat tersebut bertanya-tanya siapa nama perawan martir tersebut ? Mereka datang dari mana ? Berapa jumlahnya, siapa yang membunuh mereka. Namun batu itu tidak menjawab pertanyaan. Orang-orang menjadi tidak puas dengan informasi yang kurang itu. Mereka mulai mencari keterangan lebih lanjut dari buku2, pemahaman2, cerita2 dari biara, istana raja. Semua keterangan dikumpulkan dan dirangkum sehingga terciptalah legenda St Ursula dan 11.000 kawannya

Legenda

Orang-orang kudus adalah anugerah Allah. Beginilah legenda St Ursula:

Di Negara Britania, dulu ada seorang raja yang saleh dan baik hati bernama Notus atau Maurus yang memerintah rakyatnya dengan penuh kebaikan. Istrinya sama salehnya dan dipenuhi kasih Kristus. Pasangan suami istri ini punya satu kepedihan, mereka sudah lama menikah tapi tak punya anak. Mereka sering berdoa kepada Allah untuk mohon seorang anak. Dalam doa mereka berjanji kepada Allah, bila permohonan mereka dikabulkan maka anak ini akan dididik dengan sebaik mungkin untuk hidup dalam kasih Allah .

Allah berkenan mengabulkan doa yang saleh ini dan memberkati bukan hanya raja dan permaisurinya melainkan juga seluruh rakyat Britania. Allah adalah kasih. Kasih-Nya adalah kekal, tidak terbatas, berlimpah. Tuhan mendengarkan doa-doa manusia, juga doa dari Raja Notus dan permaisurinya. Maka lahirlah puteri yang cantik dan cerdas.

Raja Notus mencari nama untuk puterinya. Pada suatu malam, Raja Notus jalan-jalan di kebun istana sambil memperhatikan bintang-bintang yang bertebaran di langit. Tampaklah gugusan bintang Ursa Minor. Ketika sedang memperhatikan gugusan bintang itu muncullah inspirasi pada Raja Notus untuk memberi nama Ursula kepada puterinya. Karena ia berharap bahwa puterinya akan mempunyai sifat-sifat seperti beruang.

Beruang

Mari kita perhatikan sifat-sifat seekor beruang. Beruang adalah binatang yang mempesona manusia. Jaman dahulu beruang dianggap sakti oleh orang-orang jaman purba. Ada suku jaman dulu yang menguburkan beruang sebagai makhluk sakti, mengapa ? Beruang dianggap sakti karena kemampuannya untuk berhibernasi, punya kuasa atas hidup dan mati, atas kegelapan dan terang. Sesudah kegelapan musim dingin, terang mulai bersinar. Waktu musim dingin beruang seakan-akan mati dalam gua di mana ia tinggal dan dilahirkan kembali dalam musim semi.

Proses untuk beralih dari gelap ke terang, dari mati ke hidup, itulah proses edukasi yang kudus, di mana yang Ilahi berkarya. Kita diundang memakai kulit beruang. Kalau kita mau memiliki/mengerti semangat beruang, maka kita perlu mengikuti siklus alamiah.

Bicara tentang beruang adalah bicara tentang transformasi, sebab beruang adalah lambang pertumbuhan. Kalau kita masuk dalam kulit beruang maka kita berjumpa dengan yang Ilahi, Sang Pencipta yang penuh kasih, bijaksana dan menjadi awal dari siklus alamiah dalam diri kita sendiri.

Beruang juga mempunyai sifat yang negatif, ia binatang yang galak, suka menyerang dan bisa mematikan/menghancurkan. Ini dapat terjadi pada kita kalau kita gagal mendengarkan Roh Kudus yang senantiasa berbisik dalam hati kita. Kita perlu belajar mendengarkan supaya kita di transformasi oleh Roh Kudus.

Beruang yang tidur dalam gua waktu musim dingin, mendengarkan Roh Kudus terus menerus juga waktu tidur.

St Angela memilih St Ursula

Zaman Bunda Angela hidup, perempuan sama sekali tidak dihargai. Perempuan sering menjadi alat kenikmatan pria dan kegiatannya terbatas pada rumah tangga. Bunda Angela mendapat ilham dari Tuhan bahwa bukan itu maksud Tuhan menciptakan manusia. (Kitab Kejadian 2, 18…) Aku akan menjadikan penolong baginya yang sepadan dengan dia…

Menurut rencana Tuhan, perempuan itu diciptakan untuk menjadi penolong laki-laki yang sepadan dengan dia. Perempuan tidak diciptakan lebih rendah dari laki-laki. Bunda Angela mendapat karisma untuk mengangkat martabat perempuan menjadi sepadan dengan laki-laki.

Inilah kekhasan dari Bunda Angela.

Lalu bagaimana Bunda Angela memilih Santa Ursula jadi pelindung kelompoknya ?

Menurut sejarah, Santa Ursula adalah pelindung kota Dezensano. Angela sudah sering mendengar dari ayahnya tentang riwayat St Ursula.

Pesta St Ursula tgl 21 Oktober sejak dulu masuk kalendarium. Pesta ini dihapus dari kalendarium sesudah Konsili Vatikan ke-2. Waktu itu mulai diragukan tentang existensi St Ursula. Jadi berabad-abad St Ursula diakui Gereja sebagai santa yang patut dihargai dan dihormati.

Kita tidak perlu memperdebatkan tentang ada atau tidaknya St Ursula. Yang jelas adalah bukti gereja di Koln, Jerman yang penuh dengan tengkorak yang digali dari satu tempat. Namun sejarah Santa Ursula tidak ada, maka baiklah kita terima bahwa cerita St Ursula adalah sebuah legenda.

Legenda itu bukan dongeng sebab dongeng bisa dikarang orang tanpa inti/makna tertentu, sedangkan legenda adalah cerita yang mengandung makna atau pewartaan tertentu.

Bunda Angela sangat terkesan denan figur St Ursula karena Ursula telah memimpin sekelompok puteri untuk memilih kematian daripada menyerahkan diri kepada kemauan laki-laki yang mau memperkosa mereka. St Ursula mendidik puteri-puteri ini untuk mencintai Tuhan di atas segalanya. Cinta kepada Tuhan harus lebih kuat dari ketakutan pada kematian. Puteri-puteri yang dibimbiing Ursula membuktikan bahwa mereka berani mati untuk Tuhan.

Doa dan Puasa

Makna legenda St Ursula juga mewartakan bahwa Ursula adalah perempuan yang bijaksana. Konon kabarnya; ketika Ursula menjadi remaja, kecantikan dan kecerdasannya mulai terkenal di kalangan kaum bangsawan. Maka pada suatu hari, seorang raja dari Perancis mengirim utusan kepada ayah Ursula (raja Notus) untuk melamar Ursula. Ketika ayahnya menerima lamaran itu, ia sangat galau. Raja Perancis itu lebih berkuasa dari dia, dan tak mengakui Allah yang Maha Agung.

Andaikata lamaran itu ditolak, raja itu dapat merebut seluruh kerajaan Notus dan Ursula dipaksa menjadi istrinya.

Ursula melihat kegalauan ayahnya dan bertanya ada masalah apa? Ketika sudah mendengar beritanya, Ursula mengusulkan :

Ajak seluruh penduduk kerajaan untuk berdoa dan berpuasa selama 3 hari. Sesudah 3 hari puasa dan berdoa, Ursula memberi jawaban kepada ayahnya : Ursula menyarankan ayahnya untuk menerima lamaran itu dengan 3 syarat.

  • Calon suaminya mau dibaptis menjadi Katolik.
  • Pernikahan ditunda selama 3 tahun supaya Ursula dan kawan-kawannya dapat berziarah ke Roma dan sekitarnya.
  • Untuk kelompok ini perlu dibuatkan kapal yang cukup untuk seluruh rombongan.

Harapan Ursula ialah bahwa calon suaminya akan menolak syarat-syarat ini dan menarik kembali lamarannya dengan damai. Di luar dugaan syarat-syarat ini diterima oleh calon suaminya. Selanjutnya kita sudah tahu bahwa Ursula dibunuh oleh perompak laut pimpinan Hun

Dari cerita ini jelas makna legenda St Ursula :

  • Doa dan puasa mendapat tempat utama dalam hidup manusia. Kita hidup dalam proses hidup – mati.
  • Kasih kepada Allah ada di atas segalanya, lebih kuat dari ketakutan akan kematian, kita diajak siap jadi martir.
  • Ada perempuan yang bisa menjadi pemimpin (dan banyak laki-laki belum percaya ini) dan menghantar orang lain kepada Tuhan.


Demikianlah legenda St Ursula menjiwai St Angela sehingga Ursula menjadi Idola untuk Bunda Angela. Legenda Ursula cocok untuk mewujudkan karisma Bunda Angela : memuliakan Tuhan dan menyelamatkan jiwa-jiwa.

Mengangkat martabat perempuan menjadi sepadan dengan laki-laki sehingga impian Tuhan ketika menciptakan manusia dapat terwujud, perempuan diciptakan setaraf dengan laki-laki, bukan makhluk di bawah laki-laki. Perempuan punya kemampuan yang melengkapi laki-laki untuk kemuliaan Tuhan. Dan mengikuti Yesus mewartakan kabar baik dan menyelamatkan jiwa-jiwa.

Download di sini St Ursula rekoleksi.pdf